Senin, 23 Oktober 2023

PELAKSANAAN ANBK SD NEGERI DAWUHAN LOR 05 TAHUN 2023

 Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang biasa disingkat ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret Input, Proses dan Output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan yang berada di indonesia, mengutip dari halaman resmi ANBK Kemdikbud.

Pemerintah telah resmi menjadikan ANBK sebagai pengganti dari Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK). Perbedaan paling mencolok adalah, pada ANBK penilaian tidak sembarangan dilakukan. Juga para ANBK penilaian akan lebih fokus kepada tindakan evaluasi input, proses dan output melalui serangkaian tahapan-tahapan tertentu.

Peningkatan sistem evaluasi pendidikan ialah bagian penting dari kebijakan Merdeka Belajar yang didukung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Tujuan utamanya adalah untuk mendorong perbaikan mutu pendidikan dan hasil pembelajaran dari peserta didik. Asesmen nasional tidak hanya dirancang untuk menggantikan UNBK, tetapi juga sebagai penanda peubahan tentang evaluasi pendidikan di indonesia.

Dalam proses pemilihan peserta ANBK terdiri dari SD kelas 5, SMP kelas 8, dan SMA kelas 11 yang dipilih secara acak oleh guru dan juga pemerintah. 

Pelaksanaan ANBK bisa dilakukan melalui dua metode yaitu secara online maupun semi-online. Peserta yang berhak untuk mengikuti ANBK adalah peserta didik yang masih berada di jenjang SD, SMP dan SMA. Pelaksanaan ANBK online dilakukan jika koneksi internet stabil serta harus memiliki komputer yang terintegrasi dengan token. Sedangkan ANBK semi-online dilakukan jika komputer tidak memiliki akses secara langsung (tidak terintegrasi dengan token).

ANBK di SD Negeri Dawuhan Lor 05 tahun pelajaran 2023/2024 yang dilaksanakan pada hari Senin, 23 Oktober 2023 sampai Selasa, 24 Oktober 2023. ( Gelombang 1 ) Jumlah siswa yang mengikuti ANBK sebanyak 16 Siswa terdiri dari SDN Dawuhan Lor 05. Pada hari pertama, jenis asesmen yang dilaksanakan yaitu literasi membaca dan survei karakter. Sedangkan pada hari kedua, yaitu numerasi dan survei lingkungan belajar.

Berbagai persiapan telah dilakukan SDN Dawuhan Lor 05  guna menyukseskan penyelenggaran ANBK tahun 2023 ini. Persiapan itu antara lain seperti latihan simulasi pemasangan banner dan lain sebagainya. Antusiasme murid SD Negeri Dawuhan Lor 05 yang terpilih ikut ANBK juga sangat bersemangat, terlihat jelas dari senyum dan tawa mereka. Besar harapan kami semoga setelah pelaksanaan ANBK  diharapkan sehingga mutu pendidikan di indonesia semakin lebih baik lagi, amiin.

 






( ICT SD NEGERI DAWUHAN LOR 05 )

Share:
Copyright © SD Negeri Dawuhan Lor 05 | Powered by Blogger Distributed By © 2023 Powered by Tim ICT SDN Dawuhan Lor 05 & Design by Dimas Wahyu Prayogi | Blogger Theme by Dimas Wahyu Prayogi